Kunjungan Observasi Lingkungan oleh ICP Angkatan 2022 di CMC-Malang

Clungup Mangrove Corservation (CMC) 3 Warna merupakan salah satu kawasan konservasi budidaya mangrove dan terumbu karang yang ada di Malang. Berawalkan dari diskusi didalam kelas pada hari Minggu ,18 Juni 2023 pukul 07.00 WIB, Kelas ICP Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Angkatan 2022 menggalakan kegiatan observasi di Kawasan Konservasi Mangrove Pantai 3 warna atau biasa disebut Clungup Mangrove Conservation (CMC) Tiga Warna.

Beranggotakan 15 Mahasiswa dan 1 dosen yang merupakan dosen pengampu mata kuliah Geografi Fisik yakni Bapak Dr. Saiful Amin, M.Pd., kelas tersebut melaksanakan observasi  yang juga berkaitan dengan mata kuliah yang telah mereka pelajari disemester kedua dalam perkuliahan ini. Tidak lain tujuan dari observasi ini ialah supaya mahasiswa terutama kelas ICP PIPS angkatan 2022 dapat mengetahui dan memahami secara langsung mengenai penampakan alam yang telah dibahas dalam mata kuliah Geografi Fisik.

Clungup Mangrove Conservation (CMC) Tiga Warna terletak di desa Tambak Rejo, Sumbermanjirng Wetan, Kabupaten Malang. Untuk menuju ke Pantai 3 warna dari area parkir kita harus menempuh perjalanan kurang lebih 1-2 jam dengan menyusuri jalan setapak yang sudah dipandu oleh Pemandu/Guide Pantai Tiga Warna. Uniknya kawasan Clungup mangrove Consevation (CMC) ini memiliki beberapa peraturan yang sangatlah ketat dalam konteks penjagaan lingkungan. Salah satu aturan yang membedakan antara pantai ini dengan pantai yang lain adalah adanya pemeriksaan ketika hendak memasuki area pantai terhadap barang bawaan yang berpotensi untuk menimbulkan sampah. Item per item dicek hingga tidak ada yang terlewat, dan hingga saat pengunjung hendak pulang dari area pantai juga akan dilakukan pengecekan kembali, bilamana terdapat satu item saja yang terlewat maka hal tersebut akan diberikan denda. Pada pantai ini tidak hanya memiliki 1 destinasi saja, namun terdapat 6 pantai dalam satu kawasan yakni Pantai Clungup, Pantai Gatra, Pantai Sapana, Pantai Mini, Pantai Batu Pecah dan Pantai Tiga Warna. Fasilitas yang disediakan di pantai ini terbilang cukup lengkap, pengunjung juga bisa menanam bibit tanaman Mangrove, Snorkeling, Sewa Perahu Kano, dan melihat budidaya terumbu karang yang ada di dalam laut.

Simak Vidoenya

Penulis : Zara
Editor : Obbi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *