Peluncuran Buku Karya Dosen Pendidikan IPS – FITK UIN Malang

Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Malang) telah berhasil melaksanakan acara Acara Book Launches yang diselenggarakan pada tanggal 21 Oktober 2024. Kegiatan ini digelar bersamaan dengan International Conference on Islamic Education (ICIE) di Aula Rektorat lantai 5, mempertemukan para akademisi dan peneliti dari berbagai negara. Momen ini menjadi wadah bagi para dosen FITK, khususnya dari Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (PIPS), untuk meluncurkan karya-karya terbaru mereka yang sarat gagasan dan pemikiran yang inovatif.

Para dosen PIPS yang berpartisipasi dalam peluncuran buku tersebut di antaranya adalah Prof. Dr. H. M. Zainuddin, MA dengan karyanya berjudul Sang Pendidik, yang membahas peran pendidik dalam membangun karakter generasi muda. Prof. Dr. H. Nur Ali, M.Pd memperkenalkan bukunya dengan judul Pengorganisasian Integrasi Ilmu Agama dan Sains, yang membahas sinergi antara ilmu agama dan sains dalam pendidikan. Dwi Sulistiani dan Nur Cholifah juga berhasil meluncurkan dua buku yaitu pertama, Green Public Procurement di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri yang mengulas pentingnya pengadaan barang dan jasa ramah lingkungan di institusi pendidikan. Kedua, buku berjudul Auditor Internal dan Good University Governance dalam Bingkai Teori Agensi Islam yang menelaah tentang tata kelola universitas melalui audit internal untuk membentuk good university governance, bukan hanya itu, Hayyun Lahifaty juga turut menulis buku dengan judul Kurikulum dan Pembelajaran: Kajian Integratif Islam dan Sains, buku ini membahas tentang kajian kurikulum terintegrasi yang memadukan sains dan islam dalam pembelajaran, terakhir ada Dr. Saiful Amin, M.Pd turut meluncurkan buku dengan judul Melangkah Bersama Alam yang mengajak pembaca untuk peduli terhadap lingkungan melalui pembelajaran geografi sebagai bagian dari tanggung jawab sosial dan keagamaan.

Kegiatan ini diharapkan dapat memperkaya diskusi di ranah akademik, terutama dalam konteks pengembangan pendidikan Islam yang terintregrasi dan berkelanjutan. Para peserta konferensi dan book launch pun bisa mendapatkan inspirasi dari beragam pemikiran yang disampaikan, memperkuat komitmen untuk terus berinovasi dalam dunia pendidikan.

Koresponden: Nur Cholifah
Video Editing: Tim Media FITK

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *