Pelaksanaan Bimbingan KSM di MAN dan MTs

KSM atau Kompetensi Sains Madrasah merupakan salah satu kegiatan dari kementrian agama untuk Kompetensi siswa madrasah yang diadakan setiap tahun. Perlu adanya persiapan siswa  untuk mengikuti kompetisi tersebut, untuk itu tim pengabdian dari prodi pendidikan IPS melaksanakan kegiatan bimbingan KSM di MAN dan MTS se-Jombang dan MAN dan MTS se-wilayah Kudus.

Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 8 Juni 2023, dilaksanakan pada salah satu sekolah yang ada di kabupaten jombang dan kudus. Sasaran dalam kegiatan ini yaitu berfokus pada siswa MTs dan MAN atau siswa yang berminat mengikuti bimbingan KSM. Fokus bimbingan ini pada mata pelajaran IPS untuk tingkat MTs, dan geografi untuk tingkat MAN. Dalam hal ini pembelajarannya dibawakan langsung oleh Ibu Ulfi Andrian Sari, Azharotunnafi, dan Sharfina Nur Amalina. Dalam bimbingan ini juga disampaikan terkait dengan strategi dan cara belajar untuk menghadapi KSM.

Banyak siswa yang berpartisipasi dalam kegiatan ini, bagi mereka bimbingan KSM ini sangatlah membantu dalam mencapai keinginan mereka menjadi juara KSM, selain itu mendapatkan berbagai ilmu baru yang belum disampaikan ketika dikelas. Harapan setelah kegiatan ini dapat menciptakan siswa yang berprestasi dan memberikan motivasi kepada siswa dalam mencapai mimpinya.

Penulis : Afa
Editor : Obbi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *