Dosen PIPS UIN Malang Melakukan Kegiatan Pengabdian Masyarakat di MIN Arjowinangun Kab. Malang

Malang, 1 Januari 2020 – Tim dosen dari Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (PIPS) di Universitas Islam Negeri (UIN) Malang yang diketuai oleh Dr. Hj. Ni’matuz Zuhroh, M.Si telah mengambil inisiatif penting dalam upaya mitigasi bencana dengan mengembangkan media pembelajaran berbasis komik untuk seluruh siswa se-Kabupaten Malang, kegiatan tersebut berlangsung di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Donomulyo di Malang. Upaya ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih baik kepada siswa tentang berbagai potensi bencana yang mungkin terjadi di wilayah mereka.

Dalam kolaborasi yang erat antara tim dosen PIPS UIN Malang dan MIN Donomulyo, telah dibuat serangkaian komik edukatif yang menyoroti berbagai jenis bencana seperti gempa bumi, banjir, tanah longsor, dan erupsi gunung berapi. Komik-komik ini dirancang dengan seksama agar tidak hanya memberikan informasi yang akurat tentang jenis-jenis bencana tersebut, tetapi juga memberikan panduan langkah-langkah konkret yang harus diambil oleh siswa dan masyarakat dalam menghadapi situasi darurat.

Selain pengembangan komik, tim dosen PIPS juga menyelenggarakan pelatihan khusus untuk guru MIN Donomulyo tentang cara mengintegrasikan komik ini ke dalam kurikulum mereka. Dengan demikian, para guru dapat efektif menyampaikan materi mitigasi bencana kepada siswa.

Penerimaan terhadap inisiatif ini di MIN Donomulyo sangat positif. Para siswa antusias dalam mempelajari bencana melalui komik, dan orang tua siswa mengapresiasi langkah-langkah yang diambil oleh tim dosen PIPS UIN Malang dalam meningkatkan pemahaman bencana anak-anak mereka.

Inisiatif pengembangan media pembelajaran komik oleh tim dosen PIPS UIN Malang di MIN Donomulyo Malang adalah contoh nyata kolaborasi yang berhasil antara pendidikan tinggi dan sekolah dasar dalam rangka meningkatkan kesadaran dan kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi potensi bencana alam.

Editor : Obbi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *