Prodi PIPS UIN Malang Melakukan Penjajagan Kerjasama dengan Yayasan Bhakti Alam Sendang Biru Tambak Rejo Kabupaten Malang.

Pada tanggal 27 – 28 Oktober 2023, rombongan yang terdiri dari Kaprodi, dosen dan mahasiswa prodi Pendidikan IPS melakukan penjajagan kerjasama dengan yayasan Bhakti Alam Sendang Biru, desa Tambak Rejo Kabupaten Malang. Yayasan tersebut bergerak dibidang pendidikan dan pelestarian lingkungan pesisir di wilayah Sendang Biru Desa Tambak Rejo. Salah satu bentuk nyata dari upaya pelestarian lingkungan oleh yayasan tersebut adalah dengan adanya pengembangan Clungup Mangrove Conservation atau yang dikenal dengan CMC. Selain itu, yayasan ini juga mengelola wisata pantai yang bersifat edukasi kepada masyarakat. Ketiga wisata edukasi tersebut berada di kawasan pantai Clungup, pantai Gatra dan pantai Tiga Warna.

Kegiatan penjajagan kerjasama diawali dengan melakukan kunjungan dan diskusi dengan Bapak Saptoyo selaku pengelola yayasan pada sore hari tanggal 27 Oktober. Pak Saptoyo menyampaikan bahwa pengelolaan lingkungan di wilayah pesisir melibatkan banyak pemuda lokal yang peduli pada kelestarian alam. Harapannya yayasan terus dapat mengembangangkan SDM muda sehingga terjadi regenerasi pengelolaan agar tercapai keberlanjutan.

Pada hari kedua, yakni pada tanggal 28 Oktober rombongan prodi PIPS melanjutkan kegiatan dengan melakukan eksplorasi melalui tepian ladang yang berbukit-bukit menuju kawasan konservasi mangrove di tepi Pantai Clungup. Perjalanan yang ditempuh dengan berjalan kaki melalui pantai Gatra diakhiri di Pantai Tiga Warna. Di bawah pengelolaan yayasan Bhakti Alam, kawasan tersebut dijaga kelestarian dan kebersihannya. Setiap pengunjung diwajibkan bertanggung jawab terhadap barang bawaan yang berpotensi menghasilkan sampah.

Setelah menyelesaikan kegiatan Eksplorasi kawasan CMC, rombongan ditemui oleh ibu Lia di Pantai Gatra. Bu Lia adalah penggagas berdirinya yayasan Bhakti Alam. Dengan berdiskusi dengan beliau, diperoleh kesepakatan bahwa kerjasama dan kolaborasi antara prodi PIPS dan yayasan Bhakti Alam perlu segera direalisasikan. Kerjasama bisa dilakukan di berbagai bidang, seperti edukasi kelestarian lingkungan, pelatihan dan magang bagi mahasiswa.

Penulis : Alfi
Editor : Obbi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *