Keren! Kelas ICP Semester 3 Serentak Membuat Video Vlog pada Penugasan Matakuliah Sejarah Kebudayaan Indonesia

Pada mata kuliah Sejarah Kebudayaan Indonesia, dengan dosen pengampu ibu Nailul Fauziyah, MA memberikan penugasan yang luar biasa yakni membuat vlog video sebagai sarana untuk menjelajahi kekayaan budaya Indonesia. Dalam penugasan ini, mahasiswa diundang untuk menyelami warisan budaya yang kaya melalui karya mereka.

Para mahasiswa memulai perjalanan mereka dengan merencanakan dan meneliti topik yang menarik dalam sejarah budaya Indonesia. Dengan tekun, mereka menggali informasi dari sumber-sumber yang beragam, dari buku-buku teks hingga wawancara langsung dengan tokoh-tokoh lokal.

Setelah merangkum dan menyusun materi yang mereka dapatkan, mahasiswa mulai proses produksi vlog. Mereka menemukan lokasi-lokasi bersejarah seperti Brawijaya Museum, Kampong Kajoetangan, Masjid Agung Jami’, Candi Singosari, dan Candi Badut yang menjadi ciri khas Malang. Berbekal kamera HP dan skill editor yang luar biasa, mahasiswa merekam setiap detail yang menarik, mencoba menangkap esensi budaya yang ingin mereka sampaikan.

Proses pengeditan menjadi tahap krusial. Mahasiswa belajar bagaimana menyusun konten agar menarik dan informatif. Mereka memadukan cuplikan-cuplikan video dengan narasi yang cerdas, musik yang cocok, dan animasi ringan untuk menghidupkan cerita yang mereka sampaikan.

Hasil akhirnya adalah serangkaian vlog video yang menarik dan edukatif. Video-video ini tidak hanya memperlihatkan keindahan budaya Indonesia, tetapi juga memberikan wawasan mendalam tentang sejarah, nilai-nilai, dan keunikan budaya yang dimiliki negeri ini. Melalui penugasan ini, mahasiswa tidak hanya belajar secara akademis, tetapi juga mengalami sendiri keberagaman dan keindahan budaya yang menjadi warisan Indonesia.

Yuk saksikan videonya!

Video Vlog Brawijaya Masjid Agung Jami’ oleh: Mas Nail, Mbak Rara, dan Mbak Zara
Video Vlog Brawijaya Museum oleh: Mas Obbi, Mbak Wanda, dan Mbak Alya
Video Vlog Kampong Kajoetangan, Kota Malang oleh: Mas Robeth, Mbak Bella dan Mbak Utami
Video Vlog Candi Badut oleh: Mas Wildan, Mas Hikmal dan Mbak Ifa
Video Vlog Brawijaya Candi Singosari oleh: Mas Udin, Mbak Naya dan Mbak Chami

Editor : Obbi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *