Pelaksanaan Sosialisasi Pembekalan Asistensi Mengajar Mahasiswa PIPS Semester Genap Tahun 2023/2024

Malang, 12 Februari 2024 Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang telah menghadiri kegiatan sosialisasi pembekalan asistensi mengajar untuk semester genap tahun akademik 2023/2024. Acara yang berlangsung di aula gedung Microteching FITK dan dimoderatori oleh Azharotunnafi, M.Pd tersebut, bertujuan untuk mempersiapkan para mahasiswa dalam mendukung proses pembelajaran.

Acara dibuka oleh Dr. H. Abdul Bashith, S.Pd., M.Si, selaku Wakil Dekan 3 Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Malang, yang menyampaikan pentingnya peran mahasiswa dalam mendukung proses pembelajaran. Beliau juga menekankan bahwa program Asistensi Mengajar merupakan langkah awal menuju kualitas pendidikan yang lebih baik.

Dalam kegiatan kali ini, Sekprodi PIPS Dr. Hj. Ni’matuz Zuhroh,M.Si turut memberikan sosialisasi mengenai macam-macam tagihan dalam program Asistensi Mengajar & KKM. Beliau menyampaikan bahwa para mahasiswa perlu memahami dengan baik kondisi yang ada dalam lingkungan penempatan kegiatan tersebut, dengan harapan para mahasiswa bisa dengan baik mengikuti rangkaian program Asistensi Mengajar dan dapat memberikan pengalaman dan keterampilan mengajar yang menunjang bagi mahasiswa.

Selain itu, terdapat pula sosialisasi mengenai Kurikulum Merdeka yang diisi oleh Dr. H. Alfin Mustikawan, M.Pd. Beliau membuka sesi sosialisasinya dengan memberikan gambaran luas mengenai filosofi dan tujuan Kurikulum Merdeka. Dr. H. Alfin Mustikawan, M.Pd pula menyampaikan, bahwa pendekatan ini menekankan pada kemandirian dan kebebasan belajar mahasiswa untuk mengembangkan keterampilan, pengetahuan, dan sikap yang relevan dengan kebutuhan masyarakat dan dunia kerja.

Sesi interaktif juga diberikan agar para peserta dapat berdiskusi, bertukar pengalaman, dan memahami peran mereka dalam mendukung proses belajar mengajar. Kegiatan tersebut diharapkan dapat membangun kolaborasi yang baik antara dosen dan asisten dalam menciptakan lingkungan akademik yang kondusif.

Dengan demikian, diharapkan program Asisensi Mengajar semester genap tahun 2023/2024 di Prodi Pendidikan IPS UIN Malang dapat berjalan lancar dan memberikan pengalaman belajar yang bermutu bagi mahasiswa.

Editor : Obbi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *