Peningkatan Kompetensi Guru di SDN 03 dan MTS Darul Huda Wlingi

Program studi pendidikan IPS melakukan program pengabdian masyarakat sesuai dengan visi dan misi universitas. Sebagai prodi yang bergerak pada bidang pendidikan, peningkatan Kompetensi guru sangatlah penting bukan hanya pada calon guru saja. Untuk itu prodi melakukan kegiatan pengabdian dengan tema “Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan Karya Ilmiah dan Penguatan Pembelajaran Abad 21 di SDN Wlingi 03 dan MTs Darul Huda Wlingi”.

Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 7 Agustus 2019 yang bertempat di salah satu ruang kelas SDN 03 Wlingi dan MTs Darul Huda Wlingi. Sasaran kegiatan pengabdian ini yaitu para guru di SDN 03 Wlingi dan MTs Darul Huda Wlingi. Akan tetapi dalam proses pelaksanaannya juga dihadiri oleh beberapa sekolah yang ada di daerah wlingi. Kegiatan ini dibagi menjadi dua bentuk peningkatan Kompetensi guru, untuk yang pertama dilaksanakan terkait pelatihan akan pembuatan penelitian tindakan di SDN 03 Wlingi dan pembuatan soal evaluasi berbasis HOTS di Mts Darul Huda. Bentuk kedua yaitu peningkatan Kompetensi guru terkait dengan pelatihan karya ilmiah di SDN 03 Wlingi.

Harapan hasil dari kegiatan ini yaitu para guru dapat memahami lebih lanjut tentang penelitian tindakan kelas agar dapat diterapkan dalam proses pembelajaran. Selain itu dapat mengavaluasi soal berbasis HOTS dan pemahaman akan karya ilmiah. Kegiatan pengabdian ini berjalan dengan baik dan lancar, dimana selama penyuluhan berlangsung banyak peserta yang antusias untuk bertanya dan sangat memperhatikan penyampaian materi dari dosen pendidikan IPS UIN Malang.

Penulis : Afa
Editor : Obbi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *