Sosialisasi dan Pendampingan Produk Halal Pelaku UMKM di Desa Sumbersekar

Memahami dan membuat produk halal sangatlah penting di negara dengan mayoritas agama islam. Sebagai pelaku usaha perlu kiranya untuk membuat produk halal, oleh karena itu untuk melaksanakan pengabdian dalam perwujudan tri dharma perguruan tinggi, salah satu dosen Pendidikan IPS mengadakan pengabdian kolaboratif bersama mahasiswa UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Pada tim ini terdiri dari Dr. Hj. Ni’matuz Zuhroh, M.Si, Zuraidah, M.SA, bersama dua mahasiswa. kegiatan pengabdian ini terkait dengan sosialisasi dan pelatihan pendampingan produk halal.

Kegiatan sosialisasi dan pelatihan produk halal dilaksanakan pada tanggal 17 Oktober 2019 di Desa Sumbersekar Kecamatan Dau Kabupaten Malang. Sasaran kegiatan ini yaitu usaha kecil menengah (UKM) dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Dalam pelaksanaannya terdapat 33 UKM dan UMKM yang ada di Dusun Semanding, 22 UKM dan UMKM Dusun Krajan, 8 UKM Dusun Banjartengah, dan 2 UKM Dusun Precet. Berbagai UKM dan UMKM sangatlah beragam dan didominasi oleh kuliner atau yang bergerak pada olahan makanan. Dengan banyaknya UKM dan UMKM yang ada di desa tersebut menjadikan tim pengabdi UIN malang tertarik untuk mengadakan sosialisasi dan pelatihan.

Pembahasan yang ada pada kegiatan ini diantaranya sosialisasi penjelasan produk halal dan tata cara atau langkah-langkah dalam pemberian label halal di produk agar sesuai dengan anjuran pemerintah yang mewajibkan untuk bersertifikat halal. Dalam kegiatan ini banyak pelaku usaha yang antusias untuk mengikutinya sebab bagi mereka pelatihan ini sangatlah bermanfaat, terutama mereka yang masih awam tentang proses pelabelaan produk halal. Harapan kegiatan ini pelaku usaha mendapatkan pengetahuan baru dan mampu menerapkannya untuk terciptanya produk halal bersertifikat.

Penulis : Afa
Editor : Obbi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *