Pelatihan Pemanfaatan Bunga Telang sebagai Prospek Usaha

Pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi Tim kelompok pengabdian Qaryah Thayyibah mengadakan pelatihan pemanfaatkan bunga telang untuk minuman kekinian. Tim pengabdi dalam kegiatan ini terdiri dari Nuril Huda, M.Pd, Lusty Firmantika, M.Pd, Moh. Mahrush Ali, M.Sn dan disertai dengan dua mahasiswa. Pelatihan ini dilakukan di Desa Watugedhe Kecamatan Singosari Malang pada tanggal 12 Juli 2022. Sasaran pelatihan ini yaitu pada kelompok ibu-ibu PKK dan kader PPK Desa Watugedhe. Target yang di harapkan dari pelatihan ini mampu mewujudkan masyarakat yang mandiri, terampil, dan sejahtera melalui pemanfaatan lingkungan (bunga telang).

Pelatihan ini diawali dengan penyampaian materi terkait dengan bunga telang dan manfaatnya. Bunga telang merupakan tanaman yang merambat dan sering ditemukan di kebun pekarangan atau secara liar di lingkungan sekitar.  Pada umumnya bunga telang dapat dimanfaatkan untuk teh bunga telang yang mampu membakar kalori dan meningkatkan metabolisme. Namun dalam pelatihan kali ini ingin membuat sebuah hal baru dengan memanfaatkan bunga telang untuk minuman kekinian seperti lemon tea telang dan telang jelly. Selain itu diberikan pelatihan untuk pemanfaatan bunga telang sebagai prospek usaha rumahan.

Selain itu, pada pelatihan ini disampaikan edukasi kewirausahaan diawali dengan penjelasan terkait proses produksi bunga telang menjadi minuman yang kekinian. Setelah itu dijelaskan juga tetang branding, packaging, dan marketing produk yang telah di buat untuk menarik minat konsumen. Nantinya dapat menjadikan prospek usaha rumahan yang bernilai ekonomis bagi ibu-ibu PKK dan kader.

Kegiatan pelatihan ini mendapatkan respon baik dari masyarakat, mereka banyak yang antusias untuk mendapatkan ilmu baru tentang bunga telang dan tertarik untuk membeli bunga telang kering untuk minuman yang kekinian. Dari kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan ketrampilan berwirausaha dan pengetahuan baru tentang pemanfaatan bunga telang bagi masyarakat desa Watugedhe Kecamatan Singosari Malang.

Penulis : Afa
Editor : Obbi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *