Prodi PIPS Gelar Bimbingan Teknis Karya Tulis Ilmiah bagi Mahasiswa

Program studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial melakukan serangkaian bimbingan teknis untuk meningkatkan prestasi Mahasiswa, salah satunya yakni BIMTEK Karya Tulis Ilmiah. Pelaksanaan Bimbingan Teknis Penulisan Karya Tulis Ilmiah dilaksanakan secara tatap muka selama tujuh kali pertemuan dimulai pada tanggal 19-27 Juni di 2023.

Serangkaian BIMTEK ini dibuka secara langsung di aula Microteaching oleh ketua Program Studi PIPS Dr. Alfiana Yuli Efyanti, M.A. Dilanjutkan dengan Acara BIMTEK Bersama narasumber Dr. Yuli Ifana Sari, M.Pd. Dalam pemaparannya beliau menyampaikan materi pengantar mengenai penulisan karya tulis ilmiah termasuk penulisan tugas akhir skripsi. Bimtek yang diikuti 14 Mahasiswa Prodi Pendidikan IPS ini bertujuan untuk dapat mengembangkan keterampilan menulis, serta merancang penelitian, juga mengumpulkan data dengan metode yang sesuai, hingga mampu menganalisi data secara obyektif.

Narasumber memaparkan beberapa materi seperti pengantar apa itu tulisan ilmiah, ragam tulisan ilmiah baik makalah, artikel maupun skripsi, perkembangan mutakhir penelitian bidang sosial, integrasi penelitian bidang sosial dengan khazanah islam, praktik menemukan masalah penelitian, praktik mengolah data penelitian dan praktik menemukan kebaruan penelitian, menyusun karangan ilmiah, dan menyajikan penelitian dalam bentuk jurnal.

Selain memberikan materi, narasumber bersama dengan tim dosen Pendidikan IPS juga akan melakukan pendampingan penulisan karya ilmiah bidang sosial. Tim dosen Pendidikan IPS yang melakukan pendampingan dipilih berdasarkan rumpun keilmuan yang ada dalam prodi Pendidikan IPS. Adapun Tim Dosen Pendidikan IPS yang melakukan pendampingan antara lain: 1. Dr. Saiful Amin, M.Pd 2. Ulfi Adriansari, M.Pd 3. Rika Inggit Asmawati, M.A.

Pada dasamya, Bimbingan Teknis Peningkatan Prestasi Mahasiswa Penulisan Karya Ilmiah Bidang Sosial berlangsung secara lancar dan dapat dikatakan berhasil walaupun masih terdapat kendala yang perlu diperbaiki. Kegiatan ini secara substansi telah mencapai tujuan yang diharapkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *