Pengabdian Masyarakat Prodi PIPS Lakukan Pendampingan Pemanfaatan Kahoot dan Canva untuk Pembelajaran bagi Guru TK di Magetan

Kegiatan yang dilakukan pada pengabdian ini dilaksanakan di Masjid Al-Ikhlas Magetan dengan guru TK se-Kecamatan Magetan pada pada hari Senin, 20 Juni 2020. Pengabdian ini men-sosialisasikan mengenai pemanfaatan kahoot dan canva bagi Guru TK dalam pembelajaran. Kahoot merupakan media evaluasi berbasis web game. Kahoot menampilkan visualisasi menarik bagi anak usia dini, salah satunya gambar-gambar kartun hewan dan disertai dengan iringan musik. Fitur dalam kahoot bisa dioperasikan secara sederhana, mudah dipahami bagi guru maupun peserta didik ketika menjalankan aplikasinya. Sedangkan Canva merupakan aplikasi desain berbasis web dan mobile app. Aplikasi ini menyediakan beragam fitur mulai dari pembuatan desain maupun video. Dalam aplikasi ini juga sudah terdapat template untuk memudahkan pengakses untuk membuat desain yang diinginkan secara praktis dan mudah. Kegiatan dimulai pukul 07.30 diikuti sebanyak 40 peserta guru TK se-Kecamatan Magetan.

Sambutan diisi oleh wakil ketua pengabdian Luthfiya Fathi Pusposari, M.E. Sambutan ini berisi harapan dan ucapan terima kasih kepada pihak Guru TK se-Kecamatan Magetan. Diharapkan dari adanya pendampingan pelatihan Kahoot dan Canva, guru-guru mampu mengaplikasikan untuk membuat desain worksheet yang menarik, serta evaluasi yang interaktif dan menyenangkan. Tidak hanya berhenti di saat kegiatan pendampingan, akan tetapi diaplikasikan dan dikembangkan secara continue untuk praktik pembelajaran anak usia dini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *