Kegiatan Guest Lecturer Mahasiswa PIPS Angkatan 2022 & 2023

Pada Hari Rabu 6 Maret 2024, mahasiswa UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial melaksanakan kegiatan yaitu Guest Lecturer, kegiatan ini dihadiri oleh mahasiswa/i dari prodi PIPS angkatan 2022 dan 2023, Ibu Alfiana Yuli Efiyanti Kaprodi PIPS, Ibu Ni’matuz Zuhroh Sekretaris Prodi PIPS, Bapak Ali Nasith dan Bapak Abdul Basith sebagai wakil dekan FITK UIN Malang, kegiatan ini menumbuhkan antusiasme yang sangat besar dari mahasiswa PIPS, dapat dilihat dari kehadiran peserta yang sudah stand by sebelum acara dimulai, dan juga pengisi acaranya merupakan mahasiswa PIPS angkatan 2022 dan 2023. 

Kegiatan Guest Lecture ini menghadirkan seorang pembicara hebat, yaitu Bapak Prof. Drs. Nasution, M. Hum, M. Ed, Ph.D, merupakan seorang dosen di Universitas Negeri Surabaya (UNESA), telah mengampu sebanyak 25 Matakuliah, dan juga beliau telah mengikuti pengabdian sebanyak 8 kali, serta telah mempublikasi Artikel Ilmiah dalam jurnal sebanyak 43. Disamping itu, Prof. Nasution ini juga telah memiliki karya sebuah buku sejumlah 3 buku, dan telah memperoleh Hak Karya Ilmiah (HKI) pada tahun 2017 yaitu dengan tema “Kajian Pembelajaran IPS di Sekolah”.

Sejalan dengan latar belakang Prof.Nasution yang berkecimpung dan ahli dalam bidang IPS, beliau membawakan materi Guest Lecture dengan tema “Penguatan Karakter Mahasiswa Pendidikan IPS di Era Digital Society 5.0”. Tema ini diangkat karena dirasa sangat relevan dengan kondisi di Indonesia saat ini yang sedang memasuki era Revolusi Industri 5.0 yang secara umum mengacu pada perkembangan teknologi yang terus meningkat, otomatisasi, dan digitalisasi dalam industri serta sektor produksi. Revolusi Industri 5.0 menempatkan fokus utama pada integrasi teknologi tingkat tinggi seperti Artificial Intelligence (AI), Internet of Things (IoT), dan teknologi robotik dengan keahlian manusia dan inovasi.  Jika dilihat dari segi penguatan pendidikan karakter, era ini sangat memberikan banyak perubahan baik dari sisi negatif dan positif. Dampak Positifnya dapat dilihat dari kegiatan sehari-hari yang terhubung dengan sistem informasi multimedia serta saat ini banyak aplikasi dan sistem layanan yang menjangkau konsumen di manapun dan kapanpun. Sedangkan dampak negatifnya dapat dibuktikan melalui para remaja yang saat ini sangat kecanduan medsos, menjadikannya malas membaca buku, dan munculnya sikap Phubbing atau sikap anti sosial yakni kurangnya interaksi dengan orang lain. 

Pesan dari kegiatan Guest Lecture ini adalah kita sebagai mahasiswa harus dapat berkomitmen untuk melakukan hal-hal yang benar, harus dapat mengetahui parameter pendidikan karakter, dan diharapkan dapat kompeten dalam melakukan hal-hal yang benar secara universal.

Script : Rara, Zara
Editing : Obbi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *